(021) 745 3529
Jl. Sumatera No.75, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten 15414
blog-img
19/08/2020

PMR MTS SOEBONO MANTOFANI

fahmi maulana | MTS

Palang Merah Remaja (PMR) adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja Palang Merah Indonesia (PMI) disekolah atau pendidikan formal dalam kepalangmerahan melalui program ekstra kurikuler, yang selanjutnya disebut PMR sebagai Kader Relawan Masa Depan. PMR secara resmi didirikan pada tanggal 01 Maret 1950 oleh Nona Siti Dalima dan Paramita Abdurrahman pada Kongres PMI ke-IV bulan Januari 1950 di Jakarta.

Kegiatan PMR sejalan dengan 7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, Kesemestaan) dan mengedepankan pengamalan Tri Bakti PMR, yaitu :
1. Meningkatkan keterampilan hidup sehat.
2. Berkarya dan berbakti di masyarakat.
3. Mempererat persahabatan nasional dan internasional.

Dalam kurikulum pendidikannya PMR Memiliki 7 Materi Pokok diantaranya Kepalangmerahan, Pertolongan Pertama, Kepemimpinan, Remaja Sehat Peduli Sesama, Ayo Siaga Bencana, Pendidikan Remaja Sebaya, dan Donor Darah Sukarela.

PMR MTs Soebono Mantofani sudah ada sejak awal tahun 2000-an oleh Kak Novi salah satu anggota KSR PMI UIN Jakarta dan selanjutnya pembinaan diteruskan oleh adik-adik KSR-nya sampai saat ini.
Fokus kegiatan PMR MTs Soebono Mantofani lebih bersifat pembinaan dan pengembangan kapasitas anggota, kegiatan sosial dan pengabdian terhadap masyarakat dalam hal ini warga sekolah berupa :
1. Pembinaan dan pengembangan kapasitas anggota PMR berupa latihan rutin dan spesialisai materi.
2. Lomba PMR baik tingkat kota maupun propinsi.
3. Menjadi tim kesehatan dan piket kesehatan
4. Latihan Gabungan
5. Memperingati hari kesehatan nasional dan internasional
6. Edukasi dan sosialisasi kesehatan
7. Aksi sosial bekerjasama dengan PMI Kota Tangerang Selatan

Salam Kemanusiaan adalah salam sapa kami…

Bagikan Ke:

Populer