(021) 745 3529
Jl. Sumatera No.75, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten 15414
blog-img

Senin 23 November 2020

Pendidikan Moral Harus Diterapkan Sedini Mungkin

fahmi | Pendidikan

Sumber : informasiguru

 Perkembangan dan kemajuan zaman kini semakin pesat. Hal ini menjadi suatu yang benar-benar harus diperhatikan. Terutama pada pergaulan anak-anak yang semakin bebas.

 Belakangan ini sering kita temui foto anak-anak kecil sudah banyak beredar di sosial media. Dengan gaya dan pakaian yang kurang pantas, bahkan tidak pantas.

 Dari banyaknya foto anak-anak yang diunggah di medial sosial, ada sebagian anak sekolah dasar yang masih memakai pakaian seragam merah putih.

 Mirisnya, foto tersebut diunggah dengan gaya yang tidak wajar. Ada yang sedang bergandengan tangan antara siswa SD laki-laki dan perempuan. Bahkan ada siswa SD yang berpakaian dengan gaya seperti anak-anak SMA yang berlebihan.

 Maka tidak heran jika data menyatakan anak perempuan Indonesia lebih dari 50% sudah tidak perawan ketika masih usia sekolah SMA. Hal ini perlu menjadi perhatian khusus bagi setiap orang tua yang memiliki anak.

 Penerapan pendidikan moral harus benar-benar dilakukan sedini mungkin. Serangan berbagai budaya asing yang sangat mudah masuk ke Indonesia, terutama melalui media sosial, kini benar-benar harus menjadi perhatian dan perlu dilakukan penanganan.

 Bagaimana cara menangani agar anak-anak indonesia tidak mudah terpengaruh oleh budaya-budaya asing yang kini sangat mudah masuk ke Indonesia?

Jauhkan Anak dari Handphone atau Gadget sebelum Mengijak Dewas

 Handphone atau gadget adalah salah satu media dimana budaya asing sangat mudah masuk ke Indonesia. Kini media sosial sudah sangat banyak dan sangat mudah diakses oleh semua orang.

 Termasuk anak-anak kecil yang sudah pintar mengoperasikan handphone  atau gadget. Banyak orang tua yang tidak tahu efek negatif dari media sosial.

Padahal, media sosial tanpa bimbingan yang benar akan berpeluang lebih besar mengarah ke efek negatif. Jadi, hal ini benar-benar menjadi PR bagi para orang tua.

 Berikan Pendidikan Moral Sedini Mungkin

 Salah satu hal yang bisa membentengi anak dari serangan-serangan budaya asing yang tidak baik adalah dengan memberikannya pendidikan moral sejak dini.

 Pemikiran dan karakter anak akan sangat mudah dibentuk ketika masih kecil. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan emas untuk menjadikan anak yang memiliki karakter baik.

 Hal ini akan berefek ketika anak sudah menginjak dewasa. Pendidikan moral inilah yang akan membentengi anak dari serangan-serangan budaya asing yang negatif.

 Tetap Berikan Perhatian Khusus Ketika Anak Sudah Menginjak Remaja dan Dewasa

 Umumnya ketika anak-anak mulai menemukan dunianya sendiri di luar lingkungan keluarga. Anak-anak akan cenderung lebih susah diatur. Hal ini biasanya terjadi di usia ketika anak menginjak remaja.

 Peran orang tua sangat penting dalam memberikan perhatian di usia remaja. Karena di usia ini anak sedang mangalami usia dimana sedang penasaran-penasarannya sama hal-hal yang berbau dewasa.

 Tanpa perhatian dari orang tua, anak akan sangat mudah terjun ke dunia yang bisa menjerumuskan dirinya ke hal-hal yang merugikan dirinya sendiri.

 Jadi, perhatian orang tua tehadap anak ketika anak menginjak usia remaja benar-benar harus ditingkatkan dan dikondisikan. Jangan sampai anak-anak bangsa tidak memiliki masa depan gara-gara salah pergaulan di usia remaja.

 

Baca juga :


Kolom Pengurus

Kajian Kitab di Majlis Taklim  Majlis Taklim yang sudah berdiri sejak awal pembanguinan Yayasan Soebono mantofani merupakan pendidikan non-Formal yang diselenggarakan oleh Yayasan Soebono Mantofani yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi bapak-bapak atau ibu-ibu yang ingin memperdalam pelajaran agama Islam. Bersifat umum yang diselenggarakan setiap Hari Ahad pagi pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WIB di...




Populer


Recent Post