(021) 745 3529
Jl. Sumatera No.75, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten 15414
blog-img

Rabu 25 November 2020

Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Lingkungan Pendidikan

fahmi | Pendidikan

 Perkembangan dan kemajuan peradaban suatu bangsa erat hubungannya dengan pendidikan, adanya perubahan pendidikan yang bukan hanya sebagai sarana untuk menyampaikan ilmu tetap diharapkan adanya perubahan pola kehidupan yang lebih baik. 

 Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu upaya untuk memberikan pengetahuan,wawasan, ketrampilan, dan keahlian tertentu pada setiap individu guna untuk mengembangkan dirinya sehingga mampu menghadapi setiap perubahan yang akan terjadi. Faktor yang bisa mempengaruhi tentang suatu permasalahan salah satunya yakni lingkungan sosial.

 Lingkungan sosial adalah interaksi diantara masyarakat dengan lingkungan, ataupun lingkungan yang juga terdiri dari makhluk sosial atau manusia, sedangkan lingkungan pendidikan adalah lingkungan tempat berlangsungnya proses pendidikan yang merupakan bagian dari lingkungan sosial. 

 Lingkungan sosial dan lingkunga pendidikan memiliki hubungan yang sangat berkaitan, hal itu merupakan setiap manusia memerlukan sosialisasi terhadap satu dengan lainnya dan dalam lingkungan pendidikan. 

 Dalam proses pembelajaran dalam dunia pendidikan  secara umum melibatkan empatt komponen yaitu  murid, guru , lingkungan belajar dan materi belajar. Kita ambil sebuah contoh   di sekolah ada hubungan antara kepala sekolah dengan siswanya, ada guru dengan siswanya, ada siswa dengan siswa-siswa lainnya.  Hal  tersebut termasuk dalam lingkungan sosial karena terjadi interaksi terhadap satu dengan yang lainnya.

 Dengan lingkungan sosial yang baik  dalam proses pendidikan akan lebih kondusif dalam melakukan pembelajaran, memiliki orientasi belajar yang kuat dalam proses pembelajaran, memiliki keyakinan yang kuat akan potensi atau kemampuan yang dimiliki, dan dapat menentukan strategis yang tepat dalam memahami suatu materi yang diperoleh agar mudah di mengerti. 

 Dan sebaliknya jika seorang siswa berada pada lingkungan sosial yang kurang baik maka tidak kondusif dalam pembelajaran, memiliki orientasi belajar yang rendah. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa lingkungan sosial sangat berpengaruh dalam lingkungan pendidikan untuk mendorong seseorang dalam mencapai suatu pembelajaran yang maksimal untuk dapat memajukan suatu sumber daya manusia pada suatu bangsa dan Negara  agar dapat meningkatkan potensi  belajar yang lebih baik dan meningkatkan suatu martabat Negara tersebut.

Baca juga :


Kolom Pengurus

Kajian Kitab di Majlis Taklim  Majlis Taklim yang sudah berdiri sejak awal pembanguinan Yayasan Soebono mantofani merupakan pendidikan non-Formal yang diselenggarakan oleh Yayasan Soebono Mantofani yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi bapak-bapak atau ibu-ibu yang ingin memperdalam pelajaran agama Islam. Bersifat umum yang diselenggarakan setiap Hari Ahad pagi pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WIB di...




Populer


Recent Post