(021) 745 3529
Jl. Sumatera No.75, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten 15414
blog-img

Sabtu 14 November 2020

Tips Meningkatkan Belajar Bahasa Inggris

fahmi | Umum

Penulis : Mr. Dani Setiawan, S.Pd (Guru Bahasa Inggris MTs Soebono Mantofani)

E-mail : Setiawandani53@yahoo.co.i

 Perlu digaris bawahi tebal-tebal bahwa bahwa belajar adalah proses yang panjang , bukan proses yang terjadi sekejap dalam 1×24 jam. termasuk belajar bahasa apapun tidak terkecuali Bahasa Inggris, Berikut ini beberapa tips untuk membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris secara efektif. tapi sebelumnya, tentukan tujuan belajar? Apa yang ingin kalian pelajari? dan mengapa kalian perlu mempelajarinya?

  1. Mula-mula jadikan belajar bahasa Inggeris menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan secara kontinyu dengan demikian akan menemukan hal baru setiap harinya. Lebih baik sedikit demi sedikit tetapi secara terus menerus (istiqomah) daripada daripada belajar keras dua jam seminggu.
  2. biasakan membaca teks berbahasa Inggris, baik berupa bahan bacaan koran, majalah, atau teks apapun, atau menonton film atau menyimak berita berbahasa Inggris. Lakukan sesering mungkin. Dengan tidak meninggalkan belajar tata bahasa (grammar), menulis, berbicara, dan menyimak. Semua itu adalah satu kesatuan keterampilan berbahasa.
  3. Lakukan proses belajar itu secara konstan. Jika kalian belajar bahasa Inggris selama 10 menit setiap hari, bahasa Inggris akan memenuhi memori otak kalian. Jika kalian belajarnya sekali dalam seminggu, jangan harap bahasa itu memenuhi memori otak.
  4. Variasikan proses belajar Kalian. Sebaiknya lakukan hal berbeda setiap hari agar membantu proses belajar empat bagian keterampilan berbahasa (baca, tulis, simak, bicara). Jangan terpaku pada satu aspek saja.
  5. Cari kawan belajar. Belajar bahasa secara berjamaah akan lebih menyenangkan dan memberi motivasi bagi kalian.
  6. Pilih materi belajar yang sesuai dengan topik-topik yang Kalian minati. Hal ini dilakukan untuk membuat suasan proses belajar menjadi lebih nikmat, menyenangkan, sehingga lebih efektif.
  7. Hubungkan pengetahuan tata bahasa dengan penggunaan keseharian. Belajar tata bahasa, bahasa apapun tidak secara otomatis bisa menggunakan bahasa tersebut. Praktekkanlah secara aktif dan efektif apa saja dari pengetahuan tatabahasa yang sudah dipelajari.
  8. Buka mulut! Memahami suatu bahasa tidak berarti mulut terkunci. Cobalah berbicara dalam bahasa Inggris dengan suara yang lantang. Awalnya mungkin akan terdengar aneh, tapi ini sangat efektif dalam kerangka proses belajar.
  9. Bersabarlah dengan diri sendiri. Ingat bahwa belajar adalah suatu proses. Perlu waktu dan kontinuitas. Kalian bukanlah computer yang memiliki tombol on dan off.
  10. Cobalah berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Menguasai grammar memang bagus. Tapi bisa berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan orang lain dalam bahasa Inggris, itu lebih bagus, bahkan menyenangkan.
  11. Manfaatkan Internet atau media lainnya yang menggunakan tool berbahasa Inggris. Termasuk internet, internet dilengkapi sarana belajar Bahasa Inggris yang luar biasa lengkap, menyenangkan, dan mudah diakses

 Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah “cintailah bahasa Inggris dan nikmatilah bahasa itu”. Bila kamu menikmati belajar bahasa Inggris, kamu akan meluangkan lebih banyak waktu untuknya, kamu akan melakukannya secara teratur. Motivasi yang tinggi akan memberikan manfaat tambahan lainnya. Kamu akan lebih muda mengingat kata-kata dan struktur tata bahasa yang baru. Alasannya adalah otakmu mudah mengingat hal-hal yang kamu suka. (Jadi kesenangan mempelajari (bahasa Inggris) akan memberikan kepadamu manfaat ganda. Selamat belajar, semoga ini bermamfaat untuk kita semua.

 

 

 

Baca juga :


Kolom Pengurus

Kajian Kitab di Majlis Taklim  Majlis Taklim yang sudah berdiri sejak awal pembanguinan Yayasan Soebono mantofani merupakan pendidikan non-Formal yang diselenggarakan oleh Yayasan Soebono Mantofani yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi bapak-bapak atau ibu-ibu yang ingin memperdalam pelajaran agama Islam. Bersifat umum yang diselenggarakan setiap Hari Ahad pagi pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WIB di...




Populer


Recent Post