Hikmah Belajar Dari Di Madrasah Aliyah Selama Daring

Sebelum membaca artikel di bawah ini, perlu diketahui bahwa MA. Soebono Mantofani dalam rangka mempersiapkan generasi masa depan yang unggul dalam IMTAQ terdepan dalam IPTEK, maka sengaja mengembangkan mata pelajaran muatan lokal yang diberi nama optimasi website, sebenanrnya lebih kepada pelajaran blogging. Salah satu kegiatan blogger adalah menulis, dibawah ini salah satu contoh hasil karya tulis sederhana sumbangan dari siswa MA. Soebono Mantofani yang dipungut mimin dari blognya Johan Ade Prasetya.

***

Wabah virus Corona telah merubah dunia secara mendadak, suasana keramaian yang semula terjadi di seluruh belahan dunia menjadi kesunyian yang merata, aktivitas sekolah MA soebono mantofani juga terpaksa diliburkan,di ganti dengan kegiatan daring ( belajar dirumah )

Kebijakan social distancing dan physical distancing yang diterapkan dengan adanya karantina wilayah atau pembatasan sosial
berskala besar (PSBB) dalam rangka mencegah penularan telah diterapkan di berbagai daerah, termasuk Tangerang Selatan di MA. Soebono Mantofani berdomisil

Berbagai media pembelajaran jarak jauh pun dicoba dan digunakan. Sarana yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran online antara lain, e-learning, aplikasi zoom, google classroom , maupun media sosial whatsapp. Sarana-sarana tersebut dapat digunakan secara maksimal, sebagai media dalam melangsungkan pembelajaran seperti di kelas. Dengan menggunakan media online tersebut, maka secara tidak langsung kemampuan menggunakan serta mengakses teknologi semakin dikuasai oleh siswa maupun guru.

Guru dan Murid-murid MA. Soebono Mantofani semakin teknologi untuk pembelajaran, yang semula belum terbiasa menggunakan berbagai aplikasi dan beberapa tools untuk e-learning atau menggunakan gawai untuk pembelajaran maka sekarang hampir semua guru menjadi akrab menggunakan perangkat tersebut, ada yang menggunakan aplikasi dari Google, ada Zoom Cloud Meeting, web sekolah, WhatsApp group, email dan lain-lain.

Lahirnya kembali kesadaran akan pentingnya peran pendidikan di keluarga, bahwa peran orangtua dalam mendidik anak, adalah kewajiban yang utama dan pertama.

kedekatan dan keakraban keluarga juga semakin erat, dalam kondisi biasa, anak-anak kurang mendapat perhatian orangtua karena kesibukan orangtua di luar rumah untuk mencari penghasilan/ berusaha. Namun dengan work from home, orang tua dapat menemani anak-anak dan bersama di rumah dalam waktu yang cukup lama.

Dengan Adanya pandemi ini juga menyadarkan masyarakat bahwa mendidik anak ternyata berat, banyak orangtua selama home learning merasa kesulitan mendampingi anak-anaknya belajar di rumah. Mereka ingin segera kondisi normal sehingga anak-anak bisa kembali ke sekolah dan belajar di sekolah.
Demikian pula dengan anak-anak yang merasa belajar di sekolah lebih menyenangkan, karena bisa bertemu dengan kawan-kawan, guru dan lingkungan yang lebih luas.

Editor: Admin

Oleh: Ananda Johan

Blog Attachment

Leave us a Comment